Teko Garuda Indonesia





Garuda Indonesia Nickel Silver Teapot - Teko Garuda Indonesia ukuran tinggi = 21,5 cm bahan nickel silver, kondisi seperti pada foto bagian luar dan dalam terdapat lecet/goresan.
( S O L D )

Logo Garuda Indonesia

Sekilas :Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Garuda masuk dalam daftar maskapai bintang empat dari Skytrax, yang berarti memiliki kinerja dan pelayanan yang bagus. Tahun 2012, Garuda dijadwalkan akan bergabung dengan aliansi penerbangan Sky Team.
Garuda Indonesia :official star 4-Star Ranking ofProduct and Service Quality

Garuda Indonesia berawal dari tahun 1940-an, dimana Indonesia masih berperang melawan Belanda. Pada saat itu, Garuda terbang jalur spesial dengan pesawat DC-3.
Tanggal 26 Januari 1949 dianggap sebagai hari jadi maskapai penerbangan ini. Pada waktu itu nama maskapai ini adalah Indonesian Airways. Pesawat pertama bernama Seulawah atau Gunung Emas, yang diambil dari nama gunung terkenal di Aceh. Dana untuk membeli pesawat ini didapatkan dari sumbangan rakyat Aceh, pesawat dibeli seharga 120,000 dolar malaya yang sama dengan 20 kg emas. Maskapai ini tetap mendukung Indonesia sampai revolusi terhadap Belanda berakhir. Garuda Indonesia mendapatkan konsesi monopoli penerbangan dari Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1950 dari Koninklijke Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij (KNILM), perusahaan penerbangan nasional Hindia Belanda. Garuda adalah hasil joint venture antara Pemerintah Indonesia dengan maskapai Belanda Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM).

Douglas DC-3 Seulawah, pesawat perdanaGaruda Indonesia di Taman Mini
Indonesia Indah,
sumbangan rakyat Aceh
Asal nama Garuda Indonesia
Dari sebuah sajak bahasa Belanda gubahan pujangga terkenal,
Raden Mas Noto Soeroto di zaman kolonial, Ik ben Garuda, Vishnoe's vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden ("Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi diatas kepulauanmu").
Pada tanggal 28 Desember 1949, terjadi penerbangan sejarah yaitu pesawat DC-3 dengan registrasi PK-DPD milik KLM Interinsulair terbang membawa Presiden Soekarno dari Yogyakarta ke Kemayoran - Jakarta untuk pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan logo baru, Garuda Indonesian Airways, nama yang diberikan
Presiden Soekarno kepada perusahaan penerbangan pertama ini.

Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...