Tempolong Enamel Bunga Timbul




Enamel Spittoon - Ada beberapa sebutan untuk barang yang satu ini, ada yang menyebut Tempolong, Paidon, Bokor, Enamel Spitton atau cuspidor nama yang digunakan untuk tempat meludah di dokter gigi. Dan juga ada sebagai vas bunga, mungkin masih ada lagi apapun sebutan dan fungsinya itu.
Tempolong enamel biru motif bunga timbul, ada bagian yang lecet sudah ditutup cat. Ukuran t = 13 cm, d = 14 cm.
( S O L D )

Sekilas :
Di ruang sidang Chicago, 1910-an
Tempolong adalah Wadah atau tempat meludah bagi orang yang mengunyah tembakau (sirih). Tempolong dikenal juga sebagai cuspidor, nama yang digunakan untuk tempat meludah di dokter gigi. Sampai sekarang cuspidor masih diproduksi, dapat ditemukan seperti di tempat olah raga letaknya didekat tempat minum. Wadah yang serupa juga telah digunakan di Asia barat daya selama berabad-abad. Tempolong masuk ke AS dan Inggris sekitar tahun 1840.

Tempolong abad ke-19, AS
Sekitar pada akhir abad ke-19 di AS, tempolong banyak ditemukan di berbagai tempat, termasuk bar, hotel, toko, bank, kereta api dan tempat dimana orang laki-laki dewasa berkumpul. Tempolong memiliki alas datar, biasanya diberati agar tidak mudah terbalik. Penggunaan tempolong dianggap kemajuan dalam hal kebersihan dan kesopanan, karena orang tidak meludah sembarangan di tanah, jalan, dan sisi jalan.

Tempo
long juga berguna bagi penderita tuberculosis yang batuk dahak. Tempolong umum kadang mengandung larutan antiseptik seperti karbol untuk menghambat penularan penyakit. Pada awal abad ke-20 mulai diproduksi pocket spittoon, yaitu botol dengan tutup erat yang dapat dibawa kemana-mana. Setelah epidemi flu 1918, penggunaan tempolong mulai berkurang. Mengunyah permen karet dan merokok tembakau menggantikan mengunyah tembakau.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Spittoon
エナメルポット

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...