Patung Manneken Pis


Manneken Pis Statue - Patung Manneken Pis souvenir dari kota Brussel, Belgia. Ukuran tinggi = 8,5 cm, bahan logam dan kayu.
( S O L D )

Sekilas :
Manneken Pis ( Little Man Pee in Marols, bahasa Belanda untuk pria kecil pipis), juga dikenal dalam bahasa Perancis le Petit Julien / sebagai Petit Julien, adalah landmark terkenal di Brussels. Manneken Pis adalah air mancur dengan patung perunggu berbentuk anak lelaki yang sedang pipis. Dirancang oleh Jerome Duquesnoy didirikan pada tahun 1618 atau 1619. Sebuah makna budaya yang sama sebagai Kopenhagen 's Little Mermaid.

Lokasi
Patung asli Manneken Pis ada di kota Brussel dan menjadi Ikon yang sangat mendunia. Patung yang terletak di sudut gang, tepat di perempatan jalan sempit, di sudut pertemuan jalan Rue de l'Etuve / Stoofstraat dan Rue du Chene / Eikstraat.

Sejarah dan Legenda
Ada beberapa versi legenda diantaranya adalah bahwa seorang anak kecil yang hilang dari ibunya saat berbelanja di pusat kota. Wanita, panik karena kehilangan anaknya, menyerukan kepada semua orang-orang yang ditemui, termasuk Walikota Kota. Sebuah pencarian di seluruh kota dan ketika dimulai akhirnya an
ak itu ditemukan, dia kencing di sudut sebuah jalan kecil. Cerita itu diturunkan dari waktu ke waktu dan patung didirikan sebagi penghormatan kepada fabel / legenda terkenal.

Legenda lain bercerita tentang anak muda yang terbangun oleh api dan mampu memadamkan api dengan buang air, pada akhirnya ini membantu menghentikan benteng raja dari terbakar. Dan masih banyak lagi tentang legenda tentang Manneken Pis.

Tradisi
Patung ini mengenakan kostum beberapa kali setiap minggu , menurut jadwal yang diumumkan, yang dipajang di pagar sekitar air mancur. Pakaiannya terdiri dari beberapa ratus kostum yang berbeda, banyak yang dapat dilihat dalam sebuah pameran permanen di dalam Museum Kota, terletak di Grand Place, seberang Balai Kota (Town Hall).

Mannek
en Pis berbusana Lampung
Per
tama kali dalam sejarah, Manneken Pis, landmark dan maskot kota Brussel yang terkenal di seluruh jagad, mengenakan busana Indonesia dari daerah Lampung. Sebuah kado istimewa untuk HUT RI ke 63, HUT Deplu ke 63 dan upaya pemerintah menaikan angka pengunjung asing ke Indonesia melalui Visit Indonesia Year 2008. Peresmian pemakaian busana adat lampung pada tubuh mungil Manneken Pis itu berlangsung Senin, 18/8/2008. Ini merupakan busana ke 809.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...