Peluit Kuningan Antik, China - Vintage Brass Whistle


Vintage Brass Whistle : Peluit kuningan antik dengan cap gambar Rusa dan tulisan China. Ukuran panjang = 8 cm, kondisi masih berfungsi.
( S O L D )

Sekilas :

Sejarah Peluit
Peluit telah bera
kar di China kuno, di mana para penjaga malam akan meniup pucuk biji-bijian untuk memperingatkan kota-kota kepada penjajah Mongol. Di Mesir kuno, dua bilah tanaman papirus sepanjang sungai Nil dimainkan bersama-sama di antara telapak tangan. Dengan meniup ke telapak tangan daun papirus akan membuat suara keras. Inilah salah satu peluit pertama dilakukan oleh Inggris.

Peluit pertama ditemukan oleh Joseph Hudson pada tahun 1868 di Birmingham, Inggris. Peluit pertama mulai digunakan oleh wasit William Atack pada pertandingan sepak bola di Nottingham Forest, dan pada saat itu peluit terbuat dari kuningan. Perkembangan selanjutnya menemukan peluit yang lebih nyaring dan kontrol lebih baik mudah dibunyikan, yaitu peluit kacang polong atau dikenal dengan " Acme Thunderer ". Peluit terus berkembang dan jenis peluit ini masih bertahan hingga sekarang.

Pada tahun 1884, Joseph Hudson telah menyempurnakan peluit dan ia akhirnya terus memproduksi peluit tersebut. Hudson mendirikan pabrik peluit itu di Birmingham, hingga sekarang sudah lebih dari 160 juta lebih telah diproduksi oleh Hudson & Co. Dan peluit telah banyak digunakan di segala macam bidang dan jenisnya, seperti : Kepolisian, Kesehatan, Industri, Keselamatan, Kapal, Kereta Api, Bidang olahraga, Musik, Militer, Pramuka, hingga alat bantu parkir.

Jenis peluit pertama menjadi pakem sebagai peluit sepak bola.

The 'Acme City' - 1875
Peluit 'Acme City' dibuat sekitar tahun 1875 yang digunakan untuk pertandingan sepak bola pertama yang pernah dimainkan dengan peluit oleh wasit, di Nottingham pada tahun 1878.
The 'Acme Thunderer' - 1884
Original 'Acme Thunderer' peluit kacang pertama kali yang dapat diandalkan, yang dirancang tahun 1884.
Versi 'Acme Thunderer' Dua - 1920
Bentuk lebih kecil dan dengan corong shriller meruncing, lebih aman untuk wasit.
'Model No 60 1/2' - 1923
Jenis peluit yang digunakan dalam final piala Wembley pertama tahun 1923, dirancang untuk suasanapertandingan yang penonton yang banyak.
The 'Pro-Soccer' Whistle - 1930
Untuk daya yang lebih besar dan pitch yang lebih tinggi di stadion yang lebih berisik, bisa terdengar hingga ke pojok-pojok stadion. Pertama kali digunakan tahun 1930, memiliki corong khusus dan barel.
The 'Tornado 2000' - 1988
Peluit dunia paling kuat, 'Tornado 2000'. Pertama kali dibuat oleh Hudson pada tahun 1988 telah digunakan di Word Cups, UEFA Champion League dan FA Cup Final.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...